Jumat, 16 Desember 2011

Berharganya Waktu

Seperti cuaca di bumi yang tidak pernah stabil, begitu juga pikiran ini ada kalanya hujan ada kalanya kering, prediksi bisa dilakukan tetapi kadang kenyataan tidak sesuai dengan harapan. Begitu pula hari ini, besok rencananya pulang ke kampung halaman di kota tercinta untuk bertemu Orang tua, kekasih tercinta serta keluarga, semua rencana sudah tersusun rapi dan sangat indah ketika membayangkannya. Akan tetapi, hari minggu jadwal penerbangan diubah secara semena-mena oleh pihak maskapai, hanya dengan kirim sms konfirmasi bersedia atau tidak untuk berpindah jadwal alasannya sederhana ada perbaikan pesawat sehingga terjadi cancel flight. Seperti menerima gelindingan bola bowling dan STRIKE, jatuh semua pin-pin rencana yang telah tersusun rapi untuk hari minggu karena jadwal penerbangan diajukan 2 jam.
Sangat mengherankan sekali, kenapa penerbangan di sini sepertinya tidak ada yang beres, selama beberapa kali naik bis udara, hampir 80% yang saya naiki jadwalnya jarang yang tepat waktu (terutama malam hari) entah gara-gara pesawatnya error, cuaca buruk, buruknya pengaturan penumpang dan bagasi, dllllll banyak deh pokoknya. Kompensasi yang diterima penumpang untuk masalah keterlambatan ini pun hanya sekotak snack atau nasi kalo maskapainya baik hati, gak ada 10%nya dari harga yang kita keluarkan mulai dari tiket, airport tax, dan yang paling utama adalah waktu. Bayangkan (silahkan merenung dulu), untuk seorang yang jauh dari keluarga seperti saya, waktu satu jam itu sangat-sangat berharga untuk berkumpul dan bercengkrama bersama mereka. Tetapi  sayangnya maskapai penerbangan seolah cuek saja ketika delay terjadi pada maskapai mereka. Tidak heran banyak sekali di surat kabar kita baca counter penerbangan di bandara yang dihancurkan oleh massa ketika delay terjadi sampai berjam-jam tanpa alasan yang jelas baik dari maskapai maupun angkasa pura.
Masalah keterlambatan pesawat sepertinya sudah menjadi masalah yang akut di negeri ini, untuk itu mohon maskapai penerbangan dan dinas perhubungan menemukan algoritma penjadwalan yang lebih baik lagi supaya tidak merugikan penumpang. Kalau dibandingkan waktu saya ke India, ketika saya melihat jam jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat hampir 100% akurat hanya meleset dalam hitungan menit, tidak seperti disini yang bisa berjam-jam, sehingga jangan heran negara-negara luar lebih maju karena mereka menggunakan waktu dengan semaksimal mungkin. Saya yakin, jika negeri ini bisa mengelola waktu dengan baik, maka tidak lama lagi kita akan menjadi negara yang lebih baik, karena hal ini tertuang dalam surat Al Ashr (103 : 1-3) yaitu orang yang merugi adalah orang yang tidak memanfaatkan waktu dengan baik. Oleh karena itu untuk menjadikan negeri ini bisa mengelola waktu dengan baik, maka mulai saat ini saya canangkan untuk diri sendiri hari ini 09 Desember 2011 adalah hari pemanfaatan waktu untuk Rinaldi Rusli. Bismillah semoga dengan memulai dari diri sendiri dapat menjadikan negara ini lebih baik lagi.

Sumber : http://rinaldirusli.wordpress.com/2011/12/09/berharganya-waktu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar