Minggu, 02 Oktober 2011

USAHA UNTUK MEMAJUKAN KOPERASI

USAHA UNTUK MEMAJUKAN KOPERASI

Jika saya menjadi pemimpin yang akan saya lakukan untuk memajukan koperasi adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Alam (SDA) & Sumber Daya Manusia(SDM), Meningkatkan kinerja anggota koperasi dan meningkatkan daya jual koperasi. Saya juga akan menghimbau pengurus dan anggotanya agar harus berani mencari peluang serta membuat terobosan-terobosan baru secara cerdas supaya tidak tertinggal atau tidak kalah bersaing dengan badan usaha lain.

Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDA) dengan cara menyeleksi dari berbagai industry yang ada, yang paling bagus dan bermutulah yang akan saya beli,karena selain dapat menarik masyarakat yang akan membelinya juga agar masyarakat tidak kecewa dengan apa yang mereka beli di koperasi, karena walaupun sebagian besar pembeli dikoperasi adalah masyarakat kecil namun mereka juga ingin mendapatkan kesejahteraan. Dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia(SDA) saya akan meyeleksi keanggotaan koperasi agar anggota koperasi berasal dari orang-orang yang cedas dan berpendidikan. Anggota yang cerdas dan berpendidikan dapat mengatur strategi agar koperasi dapat bertahan di sektor perekonomian dan dapat bersaing di pasar ekonomi juga dapat mengatur strategi meningkatkan pendapatan koperasi.

Juga dalam hal meningkatkan kinerja anggota koperasi, saya akan mengatur sistem kerja para anggota koperasi agar tidak ada yang bermalas-malasan ataupun hanya menunggu datangnya tugas. Semua anggota hendaknya saling membantu dalam bekerja dan selalu bekerjasama dalam menjalankan tugas. Dengan ini diharapkan anggota koperasi dapat lebih giat bekerja dan menjalankan pekerjaannya dengan lebih baik lagi.

Meningkatkan daya jual koperasi, yang akan saya lakukan adalah membuat koperasi lebih bagus lagi. Membuat koperasi agar tidak terlalu terlihat seperti koperasi agar masyarakat tertarik untuk membeli di koperasi dengan cara mengecat dinding koperasi dengan warna-warna yang indah, menyediakan AC, dalam ruangan tertata dengan rapid an pelayanan yang sopan sehingga masyarakat puas. Cara eksternalnya menyebarkan brosur dan membuat spanduk agar masyarakat mengetahuinya. Dengan cara ini diharapkan dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya di koperasi.

Dengan ini diharapkan dapat memajukan koperasi sebagai salah satu sektor perekonomian di Indonesia. Juga diharapkan koperasi dapat bersaing di perekonomian dunia. Saya sangat mengharapkan agar koperasi di Indonesia dapat terus maju dan berkembang karena koperasi adalah salah satu badan usaha yang menyediakan fasilitas untuk masyarakat kecil dan menengah. Semoga dengan ini dapat membangu koperasi yang lebih baik lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar